Friday, July 7, 2017

Cara Menggambar Portal 2D di Sap2000

Sap adalah aplikasi yang digunakan untuk menganalisa struktur bangunan karena itu sebagai seorang engineer kita diwajibkan untuk paham bagaimana kinerja dari sap itu sendiri.

Baik, langsung saja jangan banyak basa basi biar gak bosen, saya akan membahas cara menggambar portal 2D menggunakan aplikasi sap2000
Portal Sederhana
Pertama
silahkan buka aplikasi sap yang ada di komputer anda

Kedua
buka new model
Pilih satuan pada kotak "Initialize Model From Default With Units"kemudian select template pilih "2D Frame"

Ketiga
akan muncul jendela untuk mengatur portal. disini ada 4 kotal pada "Portal Frame Dimensions"
[Number of Stories] yaitu untuk mengatur jumlah tingkat
[Number of Bays] yaitu untuk mengatur jumlah ruang / kolom
[Story Height] adalah tinggi satu tingkat / lantai
[Bay Width] adalah lebar satu balok/ ruang

Keempat
setelah diatur sesuai kebtuhan silahkan klik OK
Sampai disini anda sudah dapat membuat portal yang sangat sederhana, namun saya rasa anda belum puas karena tinggi tingkatnya sama, lebar ruangpun juga sama.


Karena itu saya akan memberi pengaturan lagi.

Sekarang langsung saja anda klik dua kali pada kolom atau balok, yang mana saja. maka akan muncul kotak pengaturan seperti tampilan gambar di bawah ini.
Define Grid System Data
Pilih spacing pada display grid as, seperti yang saya beri tanda merah.
Disini bisa dilihat bahwa jarak A ke B adalah 6 m karena satuan disini saya pakai (Kgf, m, C)

Anda bisa mengubahnya denga cara meng-klik dua kali pada angka spacing. Begitu juga dengan jarak dari B ke C. sedangkan C jarak / spacingnya 0 karena C adalah kolom terakhir.

untuk menambah satu kolom di sampingnya silahkan copy baris terakhir (disini adalah baris no 3) ke baris di bawahnya (disini baris no. 4) kemudian spacing pada C diganti dengan lebar yang ingin dimasukkan. kemudian GRID ID urutkan sesuai abjad.

Pada kotak Z Grid Data juga sama seperti X Grid Data, tapi jarak / spacingnya dimulai dari bawah, jadi Z3 berada di paling atas dengan jaraknya yaitu 0.

Jika anda menambah jumlah kolom atau tingkat maka akan muncul grid tambahan sesuai yang anda tambahkan. dan selanjutnya silahkan anda gambar balok dan kolomnya menggunakan draw frame.

Kurang lebih seperti itu cara menggambar portal 2D pada sap2000, selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri karena saya masih pemula.

Semoga bermanfaat, terima kasih !

silahkan di komen
EmoticonEmoticon