Monday, November 14, 2016

Langkah Perhitungan RAB Sebuah Bangunan

Alhamdulillah puji syukur bagi Allah, dengan segala rahmatnya saya bisa bagikan artikel sebelumnya yaitu gambar - gambar penting untuk menghitung RAB. dan kali ini saya akan bagikan artikel mengenai langkah - langkah untuk menghitung rencana anggaran biaya (RAB)

Gambar : (menaksir harga rumah)
sumber : www*rumahminimalismodern36*com
Sebelum menghitung rencana anggaran biayayang akan di habiskan dalam pembangunan sebuah bangunan gedung atau rumah ada beberapa hal yang harus di siapkan yang akan membantu mempermudah dan mempercepat perhitungan.

Hal - hal penting tersebut antara lain :

Gambar Bangunan

Gambar bangunan adalah bahan yang sangat penting dalam pekerjaan ini karena dengan gambar kita bisa mengetahui bahan yang akan kita gunakan, ukuran panjang dan lebar bangunan, dimensi kolom maupun balok, tebal plesteran dinding, volume galian dan timbunan dan sebagainya.

Dalam gambar bangunan ada beberapa gambar penting yang wajib ada. Apa saja gambar - gambar tersebut ? silahkan baca artikel saya yang sebelumnya Gambar - Gambar Penting Untuk Menghitung RAB

Harga Satuan

Harga satuan merupakan bagian dari bahan yang tidak bisa ditinggalkan karena dengan data atau dokeumen harga satuan kita akan mudah mengetahui berapa harga bahan yang kita butuhkan.

Penggunaan harga satuan ini harus di sesuaikan dengan tempat dimana kita akan membangun sebuah bangunan. jika kita akan membangun gedung di daerah mataram maka kita harus menggunakan harga satuan material atau bahan yang sudah ditetapkan oleh dinas pekerjaan umum kota mataram. jika kita akan membangun rumah di sumenep maka harga satuan bahan atau material yang kita gunakan adalah harga satuan kabupaten sumenep.

Namun ada waktu dimana kita akan menggunakan harga satuan daerah lain ketika kita membagun gedung di daerah satu namun material yang kita butuhkan ada di daerah lain.

Alat Tulis

Meskipun teknologi sudah canggih namun alat tulis harus tetap ada, karena meskipun kita menghitung menggunakan software tapi kita butuh pensil untuk menandai gambar yang sudah di hitung pada gambar.

Matematika

Pada perhitungan rencana anggaran biaya suatu bangunan di butuhkan ketelitian dalam membaca gambar dan memilih harga satuan material sehingga perhitungan bisa lebih akurat dan akan lebih ekonomis.

Perhitungan tidak cukup sulit namun di perlukan ketelitian sehingga orang yang melakukan pekerjaan ini harus cerdas dan pinter agar tidak salah menghitung.

Perhitungan yang perlu di pahami hanya perhitungan matematika dasar seperti :
  • menghitung panjang bangunan
  • menghitung tinggi
  • menghitung volume
  • menghtung luas bidang
  • kali bagi tambah kurang (kurang lebih seperti itulah bahasanya)
Setelah bahan - bahan di atas sudah di siapkan, sekarang mulai menghitung.
berikut langkah - langkah perhitungannya.
sebagai contoh, perhitungan dinding :
  • Lihat gambar dinding
    dengan melihat gambar dinding, maka  akan di ketahui volume dengan mengalikan lebar kali tinggi dinding (L x t ) = V dinding dengan satuan m2 (meter persegi)
  • Lihat harga satuan
    Setelah diketahui volume dinding, selanjutnya lihat harga satuan.
    Perhatikan !
    Dinding tersusun oleh pasangan batu bata, plesteran, plamir,, dan cat dinding.
    maka dalam harga satuan yang di lihat adalah harga ke empat bahan/material tersebut.

    misal :
    volume dinding 12 m2 (meter persegi)
    maka volume pasangan batu bata, plesteran, plamir, dan cat dinding adalah 12 m2

    pada harga satuan akan tertera harga satuan pasangan bata dalam 1 m2
    selanjutnya tinggal mengalikan harga dalam 1 m2 dengan volume bata dinding (Rp...x12) akan di dapat anggaran bata yang akan di habiskan dalam satu sisi dinding.
Begitu pula dengan perhitungan plesteran, plamir dan cat dinding.
Dalam perhitungan ini sebaiknya menggunakan program ms. excell agar pekerjaan lebih rapi dan cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat, sekian terima kasih !

silahkan di komen
EmoticonEmoticon