Saturday, November 12, 2016

Gambar - Gambar Penting Untuk Menghitung RAB

Assalamu'alaikum.. visitor yang baik hatinya !

Pada artikel ini saya akan membahas gambar - gambar apa saja yang wajib ada untuk membantu perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) sebuah bangunan.
Gambar : ( rumah )
Sumber : www*rumahminimal*com

Dalam perencanaan sebuah bangunan gedung, bengunan air ataupun bangunan lainnya pasti butuh sebuah gambar rencana karena dengan gambar tersebut pekerjaan bangunan akan lebih mudah dikerjakan oleh pekerja atau tukang. semakin detail gambar yang dibuat maka tukang akan semakin paham bagaimana iya harus bekerja.

Tentunya sebelum dimulai pekerjaan tersebut sudah dihitung berapa dana yang akan dihabiskan, material dan alat - alat lainnya.

Untuk menghitung kebutuhan bangunan mulai dari material bahan sampai anggaran biaya anda perlu gambar yang bisa menjelaskan atau gambar bangunan yang bisa memberi gambaran material yang akan digunakan.

Berikut gambar - gambar yang wajib ada yang akan digunakan dalam perhitungan :

Gambar Denah
      Keinginan yang di bayangkan untuk tata ruang dibuat dalam bentuk gambar denah. pada gambar denah seolah - olah rumah dilihat dari atas sehingga akan tampak letak ruang A, ruang B, ruang C, pintu depan, pintu belakang, pintu kamar, jendela yang tampak dari atas.

Denah gambar dibuat dalam skala 1 : 100 artinya, setiap ukuran 1 m bangunan dibuat pada gambar denah di atas kertas dengan ukuran 1 cm

Pada gambar denah bangunan harus sudah tertera ukuran masing - masing ruang, nama ruang, letak jendela, pintu dan lainnya.

Pada gambar denah perlu di cantumkan elevasi lantai (tinggi rendah lantai yang di inginkan). pada gambar denah elevasi ini di tulis dengan tanda +0.00 yang artinya pada elevasi ini  di mulai pengukuran.
  1. contoh :
    • Pengukuran elevasi di mulai pada ruang tamu, maka elevasi ruang tamu adalah +0.00
    • Jika elevasi kamar tidur lebih tinggi 5 cm maka elevasi kamar tidur ditulis +0.05
    • Jika elevasi teras lebih rendah 5 cm maka elevasi teras ditulis -0.05

    Gambar denah yang dibuat bukan saja untuk keseluruhan bangunan, melainkan juga dapat dibuat untuk setiap bagian atau elemen bangunan. Memang gambar - gambar ini tidak mutlak harus ada. Namun, untuk tujuan kemudahan dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan nantinya, sebaiknya gambar denah lainnya perlu di siapkan seperti gambar atap, pondasi, pembesian kolom, balok, dan sebagainya.

    Dari gambar denah rumah yang sudah dibuat dapat dihitung :
    • Volume galian timbunan tanah (di ukur panjangnya)
    • Volume sloof beton (di ukur panjangnya)
    • Volume pondasi pasangan batu belah (di ukur panjangnya)
    • Volume kolom beton atau tiang kayu (dihitung jumlahnya)
    • Volume pasangan batu bata (dihitung panjangnya)
    • jumlah pintu, jendela, ventilasi udara, dan aksesorisnya,
    • luas lantai dan plafond
    • jumlah peralatan sanitair (kloset, wastafel, bak kamar mandi, kran, dan lain - lain)
Gambar Tampak
       Gambar tampak adalah gambar mengenai tampak rumah yang diharapkan setelah dibangun bila dilihat dari depan, dari samping, selain itu gambarnya pun dibuat untuk rencana pasangan dinding sehingga akan tampak jelas teknik pemasangannya. Dengan gambar akan terlihat jelas bentuk pintu, bentuk jendela, bentuk ventilasi udara dan posisinya masing - masing.

Seperti halnya denah, gambar tampakpun di buat dalam skala 1 : 100. Pada gambar ini anda akan dapat menghitung ketinggian bangunan, luas dinding, luas bidang plesteran, luas pintu, jendela dan sebagainya.

Gambar Potongan
       Gambar potongan menggambarkan bangunan berdiriatau dilihat seolah - olah dipotong sesuai ketinggiannya. Tujuan penggambaran ini agar dapat melihat bagian dalam yang tidak dapat dilihat dari tampak luar.

Gambar potongan dapat memperlihatkan gambar ketinggian bangunan, bentuk atap, kusen pintu, jendela dan lain - lain. Sehingga pada gambar ini bisa dihitung :
  • Luas dinding bagian dalam
  • Luas dan macam pintu serta jendela
  • Panjang kebutuhan kayu kuda - kuda
  • ketinggian bangunan
  • dan lain - lain
Gambar Konstruksi
       Gambar konstruksi merupakan kumpulan pekerjaan konstruksi, diantaranya konstruksi beton, konstruksi kayu, konstruksi baja, konstruksi atap dan lainnya. Gambar konstruksi berskala 1 : 100 sesuai dengan kebutuhan untuk melihat gambar lebih jelas maka gambar dapat di perbesar.
Adanya gambar konstruksi ini, akan dapat dihitung jenis dan jumlah kuda - kuda, ukuran dan jumlah beton kolom, sloof, ringbalok dan lainnya.

Gambar Detail
       Gambar detail adalah gambar yang dibuat dengan skala 1:10 atau 1:20 yang tujuannya untuk menunjukkan gambar agar lebih jelas tentang hal - hal yang perlu ditonjolkan agar tidak salah dalam perhitungan dan pegerjaannya. 
Gambar Instalasi Listrik
       Gambar yang menggambarkan jaringan kabel - kabel listrik atau jaringan pipa listrik pada bangunan. dengan adanya gambar ini akan dapat dihitung jumlah lampu, jumlah dan jenis saklar, jumlah stop kontak, panjang kabel, jumlah fiting lampu dan lain - lain. 
Gambar Instalasi Pipa Air
       Menggambarkan jaringan pipa air bersih maupun pipa air kotor. Dari gambar ini akan dapat dihitung panjang pipa untuk air bersih, panjang pipa untuk air kotor, ukuran pipa untuk air bersih dan kotor, jumlah sambungan pipa berbentuk L dan T, jumlah dan ukuran kran air, serta jumlah lem pipa (bila menggunakan pipa paralon)

Gambar Alat - Alat Sanitair
       Merupakan gambar bentuk atau model semua peralatan sanitair yang digunakan untuk pembuatan bangunan. Adanya gambar ini diharapkan tidak ada kesalahan penyiapan alat sanitair seperti : bak mandi, kran, kitchen zink, septictank, wastafel dan lainnya.
Itulah gambar - gambar yang biasa dipersiapkan sebelum memulai perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB).
Semoga artikel ini bermanfaat, sekian terima kasih !

silahkan di komen
EmoticonEmoticon